Rabu, 30 Maret 2016

KEAMANAN PANGAN

JAMINAN KEAMANAN PADA PANGAN YANG BEREDAR DI MASYARAKAT
Oleh
TIKA APRILDA, SP., MT
PENGAWAS MUTU HASIL PERTANIAN
DINAS PERTANIAN, PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN
 PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Produk – produk segar asal pertanian yang beredar di masyarakat khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berasal dari petani lokal dan berasal dari luar pulau. Produk – produk segar dari petani lokal biasanya adalah sayur – mayur dan buah – buahan yang memang dapat dibudidayakan di pulau Bangka dan Belitung, sedangkan produk lain yang memang sulit dibudidayakan di dalam daerah, maka akan dipasok dari daerah lain, utamanya dari daerah Sumatera dan Jawa.
Banyaknya produk segar yang beredar di pusat – pusat perbelanjaan, baik pasar tradisional maupun pasar modern mengindikasikan besarnya kebutuhan masyarakat akan produk segar. Produk pertanian ini merupakan kebutuhan primer masyarakat yang dibutuhkan untuk konsumsi sehari – hari.
Dengan banyaknya produk pertanian yang dikonsumsi masyarakat hampir setiap hari, maka diperlukan pasokan secara terus – menerus dari produsen utama, dalam hal ini adalah petani. Kebutuhan masyarakat akan produk pertanian yang bervariasi dan dengan harga terjangkau mendorong petani produsen untuk menghasilkan produk – produk pertanian yang banyak, namun seringkali tanpa memperhatikan keamanan pangan dan mutu produk tersebut.
Kebutuhan akan produk pertanian yang tinggi mendorong petani menggunakan bahan kimia seperti pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit pada tanaman, namun disamping manfaat di atas, apabila penggunaan pestisida tidak dilakukan sesuai dengan dosis dan waktu aplikasi yang benar maka dapat berpotensi menimbulkan bahaya keamanan pangan yang berdampak negatif terhadap kesehatan konsumen.

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia.

Keamanan Pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan. Penyediaan pangan yang cukup disertai dengan terjaminnya keamanan, mutu dan gizi pangan untuk dikonsumsi merupakan hal yang tidak bisa ditawar dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Tuntutan konsumen akan keamanan pangan juga turut mendorong kesadaran produsen menuju iklim persaingan sehat yang berhulu pada  jaminan keamanan bagi konsumen.
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka memberikan jaminan keamanan pangan khususnya produk segar asal tumbuhan (PSAT) memiliki pejabat fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) yang memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengamatan mutu hasil pertanian, pengujian mutu hasil pertanian, pengembangan sistem dan metoda pengawasan serta pengujian mutu hasil pertanian.
Pengawasan produk pertanian yang beredar di masyarakat yang dilakukan oleh PMHP dimulai dari kegiatan on farm sampai dengan off farm, seperti pengawasan penggunakan pestisida di tingkat petani, pengawasan komposisi pupuk, dan lain – lain. Selain pengawasan praktik pertanian yang baik/ Good Agriculture Practices (GAP), PMHP juga melakukan pengawasan rantai distribusi produk mulai dari budidaya hingga produk sampai ke tangan konsumen, termasuk didalamnya pengawasan praktik penanganan produk yang baik/ Good Handling Practices (GHP), pengolahan pasca panen yang baik/ Good Manufacturing Practices (GMP) sampai pada penanganan distribusi produk yang baik/ Good Distribution Practices (GDP).

Pengawasan produk pertanian yang dilakukan oleh PMHP diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memahami pentingnya mengkonsumsi produk yang aman, karena keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. 
Terima Kasih.....

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI PESUGIHA BANK GHAIB

    BalasHapus